Sebenernya, inilah yang menyebabkan saya jatuh cinta lagi dengan linux. Interfacenya sekarang sangat-sangat luar biasa. Mungkin udah lama n basi ya, tapi gapapalah, secara saya baru tau sekarang, hehehe…

Kalau Macintosh punya Aqua, Windows Vista punya Aero, maka Linux punya Beryl. Yah, meskipun belum bisa beli Apple Mac, ato nyobain Vista, kita masih bisa ngerasain desktop 3D beserta sejumlah animasinya yang luar biasa di linux, ya itu tadi, dengan bantuan beryl.

Untuk petunjuk instalasi beryl di openSuse, bisa dilihat di situs wikinya openSuse. Sebenernya proses instalasi beryl tergolong tidak rumit, satu hal yang jadi catatan, seharian saya berulang kali terpaksa harus install ulang openSuse lantaran ndak baca petunjuk yang udah tersedia itu dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Akibatnya, 3 kali gagal install beryl dan X servernya mati, selanjutnya saya ndak tau musti gimana, mau ngga mau pakai jurus pamungkas : install ulang.

Secara umum, proses instalasi di openSuse yang sudah berhasil saya coba melalui tahapan-tahapan : instalasi driver kartu grafis (nVidia, ATI, atau intel GMA), penambahan installation source di YaST untuk beryl, download + install, dan sedikit perubahan setting setelah instalasi.

Setelah itu, kita bisa lihat desktop 3D seperti ini :

3D-beryl 3D-beryl 3D-beryl

atau yang ini

3D-beryl-transparent 3D-beryl-transparent 3D-beryl-transparent

mau narik-narik window-nya juga bisa…
beryl-snapshot

atau kita burn aja windownya…

burn-the-window

Pelajaran berharga

Bagi saya, proses instalasi beryl di atas telah memberikan satu pelajaran berharga. Kenapa? Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, saya harus berulang-ulang menginstall openSuse karena openSusenya jadi error setelah diinstall beryl secara asal-asalan dengan tidak membaca manual petunjuk yang ada dengan hati-hati, padahal petunjuknya sudah ada, tapi saya hanya mengandalkan intuisi yang berujung pada errornya beryl sekaligus openSUSEnya.

Developer beryl dan openSUSE sudah membuat dokumentasi/petunjuk/manual instalasi dan penggunaan softwarenya, dan kalau kita baca manual terlebih dahulu sebelum instalasi maka kita mempunyai peluang lebih besar untuk berhasil menginstallnya.

Allah SWT, Maha Pencipta segala yang ada di langit dan bumi, telah membuat ‘petunjuk penggunaan’ untuk ciptaan-Nya (termasuk manusia) yang didokumentasikan secara sempurna berupa Al-Qur’an.. dan seperti yang kita tahu, ayat pertama yang diturunkan adalah ‘iqra’ – bacalah, bacalah petunjuk dari Tuhanmu!!. Supaya apa? supaya kita tidak tersesat – dan tidak perlu ‘format ulang’ lagi…