Hijrah

Ada yang bilang, kalau ingin berubah maka hijrahlah (berpindah); karena dengan berpindah maka peluang berubah pun lebih terbuka. Dan berpindah secara fisik: (mungkin tempat tinggal atau tempat kerja) memberi kesempatan untuk berpindah secara kualitas. Yang sebelumnya kualitas kerjanya sekelas amatir, naik jadi profesional, yang tadinya kelas ekonomi, jadi kelas eksekutif.. Asal jangan sebaliknya, jadi lebih buruk :(

Beberapa tahun yang lalu ketika pertama kalinya saya pindah tugas ke negeri tetangga, saya merasa banyak sekali hal-hal baru yang saya temui sangat berbeda dengan di tanah air. Mulai dari orang-orangnya, bahasanya, pola kerjanya, sampai soal makanannya. Dan perbedaan-perbedaan ini tentu saja membuat saya seperti harus belajar lagi cara menghargai perbedaan itu. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara, Filipina, India, Pakistan, Kazakstan, bahkan Kanada, dan peluang belajar dari orang-orang itu pun banyak sekali. Di Indonesia aja yang sudah sedemikian ragamnya kita bisa belajar banyak, apalagi dengan orang-orang dari negara lain.

Dan sekarang di tempat yang baru, walau rasanya seperti mulai dari nol lagi, bertemu dengan orang-orang & lingkungan baru, saya berharap kepindahan ini bisa membawa perubahan dalam hidup menjadi lebih baik, baik kualitas kerja, kualitas diri, and on top of that, kualitas spiritual.. :)