BPM, Agile, & Joget Workflow

Joget Workflow - More than just a workflow or BPM platform, Joget offers full-fledged agile development capabilities (consisting of processes, forms, lists, CRUD and UI), not just back-end EAI/orchestration/integration or the task-based interface for traditional workflow/BPM products

Sekarang ini, saya kembali menangani pembuatan aplikasi berbasis workflow menggunakan tool BPM open source, Joget Workflow. Sebelumnya pernah menggunakan tool BPM -non open source-,  ARIS Business Architect ketika dulu bergabung ke dalam team Business Process Reengineering di salah satu bank di Malaysia. Tools ini merupakan process modelling tools yang kemudian dapat digunakan untuk mengoptimasi proses bisnis dalam suatu organisasi. Namun saat itu sejauh yang saya tau, ARIS Business Architect lebih berfokus pada business process-modelling dan bukan pada aplikasi akhir.

Joget workflow sendiri pertama kali saya gunakan sekitar tahun 2009 di mana waktu itu masih versi 1. Digunakan untuk project yang awalnya masih POC dan saat itu pemanfaatan Joget Workflow baru sekedar ‘workflow engine’ saja yang bertugas menangani task-flow.

Joget workflow dari awal perkembangannya sudah beberapa kali melakukan perubahan ‘paradigma’, mulai dari hanya berfungsi sebagai workflow management system pada versi 1, lalu berubah menjadi application builder untuk process-driven application pada versi 2, dan pada versi ketiga, joget berfungsi sebagai full-fledged enterprise web-application builder. Artinya, dengan Joget Workflow v3, kita dapat membangun aplikasi web yang di-support oleh workflow engine.

Agile & Joget Workflow

Pengalaman menggunakan Joget Workflow sebagai tools BPM untuk men-develop aplikasi sejauh ini berhasil meningkatkan produktifitas dan kecepatan project delivery. Karena Joget Workflow sangat mendukung implementasi pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan agile di mana di dalamnya terdapat iterasi dalam pembuatan prototype aplikasi yang cenderung lebih dekat pada kebutuhan final user. Ini didukung dengan adanya form builder, datalist builder, dan userview builder yang disediakan oleh Joget Workflow.

form-builder
datalist-builder

Sementara dari pengembangan model proses bisnis, Joget Workflow menyediakan Workflow Designer yang memudahkan pembuatan desain proses bisnis, sehingga analis bisnis dapat terlibat dalam pengembangan aplikasi.

Joget Workflow-Designer

Dengan demikian, Joget merupakan salah satu BPM tools yang cukup komplit karena dapat menjembatani kebutuhan akhir dari user, analis bisnis, serta developer aplikasi; yang diharapkan hasil akhir dari aplikasi-nya dapat lebih baik.

diagram-bpm

*) gambar dari Jurnal Sistem Informasi Universitas Maranatha Vol. 5 No. 1 Maret 2010

Link terkait :



Warning: file_get_contents(https://graph.facebook.com/comments/?ids=http://fahmijafar.net/2013/04/25/bpm-agile-joget-workflow/): failed to open stream: Network is unreachable in /home/fahmij01/public_html/wp-content/plugins/facebook-like-and-comment/comments.php on line 17

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/fahmij01/public_html/wp-content/plugins/facebook-like-and-comment/comments.php on line 19